Minggu, 08 Januari 2017

Voice Acting

Apa itu voice acting?

Voice acting adalah pekerjaan yaitu acting menggunakan suara, baik memberi suara kepada suatu karakter visual, berakting dengan suara di radio, ataupun menjadi narator. Voice acting bisa juga memberi suara lain kepada suatu karakter yang sudah mempunyai suara (dubbing).

Sejarah Voice acting di jepang

Voice acting di jepang sudah ada dari tahun 1925, di saat 12 murid sekolah memulai suatu drama radio yang hanya menggunakan suara. Disitu, kata Seiyuu mulai digunakan tetapi media masih menyebut mereka sebagai radio actor. 

Pada tahun 1941, NHK membuka tempat pelatihan untuk menjadi Radio Actor. Tempat ini bernama "Tokyo Central Broadcasting Channel Actor Training". Tahun 1942, mereka memberi performance pertama nya.

Pada tahun 1961, banyak film - film asing yang masuk ke jepang dan diberikan suara jepang oleh voice actor yang ada. 

Tahun 1970an, para voice actor mulai merilis album - album nyanyian, yang diawali oleh Akira Kamiya, Touru Furuya, dan Toshio Furukawa.

Di tahun 1990an, Voice actor menjadi terkenal karena perkembangan teknologi. Adanya internet, cd player, dll. sangat membantu dalam mentenarkan para voice actor di jepang.

Bagaimana cara menjadi voice actor di jepang? 

Ada beberapa cara untuk masuk ke dunia Voice acting di jepang, tetapi yang paling terkenal adalah dengan cara memasuki sekolah voice acting. Dalam sekolah voice acting, mereka dilatih bukan hanya dalem cara ber voice acting, tetapi juga dilatih bernyanyi dan dance. Alasan mereka dilatih bernyanyi dan dance adalah karena semakin maraknya voice actor di jepang yang sukses dan harus menyanyikan opening theme di suatu anime, dan mereka juga harus bisa menyanyikannya live ketika ada kesempatan yang muncul.

Apakah hanya orang jepang yang bisa menjadi voice actor di jepang?

Tenyata tidak! Sudah ada beberapa orang asing yang berhasil menjadi voice actor di jepang, contohnya adalah Jenya. Ia adalah orang rusia yang berhasil menjadi voice actor di jepang! Ia pernah menjadi voice actor dalam anime Evangelion!



Sumber:

8 komentar:

  1. thank you! i admire kamiya hiroshi and i'm so glad to found a fellow seiyuu lover! looking forward for more updates from you!
    ganbatte!

    BalasHapus
  2. akhirnya ada blog khusus seiyuu, sugi wa otanoshimi~

    BalasHapus
  3. Whoa, voice acting! Mau jadi P̶e̶n̶d̶a̶m̶p̶i̶n̶g̶ ̶y̶u̶i̶ ̶o̶g̶u̶r̶a̶ (?)
    Looking forward yan! Ganbatte kudasai!

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. wah hanakana , cakep ya kak. mudah''an aku dapet jodoh kayak gitu di masa depan

    BalasHapus
  6. iiiihhh kereennn! pengen jadi seiyuu

    BalasHapus
  7. iiihhh, kakak mau jadi seiyuu juga ya >_<

    BalasHapus